Sunday, November 25, 2018

Punya Duit Mau Dibuat Umroh atau Usaha Dulu




Punya Duit Mau Dibuat Umroh atau Usaha Dulu - Ustadz Khalid Basalamah MA


Tanya:
Saya punya uang 35 - 40 juta, saya umroh dulu atau buka usaha dulu?

Jawab:
Maka jawabannya umroh dulu, di Masjid Haram nanti berdoa nangis sama Allah, ngrengek minta supaya dikasih rezki. Beda kalau sama yang wajib ya, misal bayar hutang ya harus bayar hutang dulu karena bayar hutang wajib sedangkan umroh sunnah. Jadi antara umroh atau buka usaha dulu, jawabnya umroh dulu.

Sudah umroh, umroh lagi tidak masalah. Dan tidak ada batas seseorang melakukan sebuah ibadah kalau memang saatnya secara syar'i boleh mengulanginya. Seperti kisal, dari umroh ke umroh, sesuai hadis Nabi SAW, antara 5 waktu sholat, antara jumat ke jumat, antara umroh ke umroh, antara ramadhan ke ramadhan, berarti ada pengulangan tapi dengan waktu yang ditentukan oleh syariat. Pengampunan diantara keduanya selama dijauhi dari dosa-dosa besar.

Saya pernah berbicara dengan salah satu jamaah umroh, memang bukan di bulan ramadhan jadi saya hanya berbicara fadhilah umroh saja. Biaya umroh saat itu sekitar 35juta sekitar 6-7 tahun yang lalu. Bapak mau nggak saya hitungkan pahala yang bapak dapatkan, hitung yang ada dalilnya saja. hadis Nabi SAW berbunyi, "Sholat di Masjid Haram Mekah sama dengan sholat 100rb kali dibandingkan tempat lain, anggap aja itu 100rb hari. Kalau 100rb dibagi 365hari itu akan dapat angka 274 tahun kita mendapatkan pahalany. Jadi satu kali sholat di Mekkah sama dengan sholat 274 tahun di Indonesia.

Itu kalau sholat sendiri, kalau sholat berjamaah ada hadis yang berbunyi; "Sholat kalian di rumah kalian, di pasar kalian dibandingkan dengan di Masjid kalian berjamaah maka perbandingannya 25 kali lipat". Ini kalau kita kali 25 kalilipat akan keluar angka 6500tahun. Apakah 6500 tahun dibagi 30 juta (biaya umroh) kelihatan gak 30jutanya. Itu baru satu sholat belum yang lainnya, dan kita sudah dengan 30 juta sodakoh plus di Ramadhan paling afdhal. Plus sudah termasuk makan, transportasi, hotel dan sebagainya. Dan yang luar biasa kita mendapat pahala yang berlipat-lipat ganda. Karena sholat di Masjidil harram besar sekali pahalanya, di Masjid Nabawi juga pahalanya 1000 kali.

No comments:

Post a Comment

Hukum Pinjam Uang dibank Buat Naik Haji

Hukum Pinjam Uang dibank Buat Naik Haji - Ustadz Abdul Somad Lc MA Tanya Ustadz, bagaimana hukum meminjam uang di bank untuk b...