Friday, February 15, 2019

Hukum Travel haji/Umroh Kerjasama dengan Bank Konvensional


Hukum Travel haji/Umroh Kerjasama dengan Bank Konvensional - Ustad Khalid Basalamah

Mulai menit ke 5.20- selesai

Tanya:
Pertanyaan kedua tadi Bagaimana dengan travel haji umroh yang menawarkan jasa untuk daftar umroh dengan bekerjasama dengan bank konvensional

Jawab:
Pertama sekali kita sudah tahu bank konvensional adalah bank riba, dan semua yang berhubungan dengan riba nanti kita terlibat di dalamnya. Meminjam uangnya kah Menggunakan fasilitasnya, kalau memang dalam keadaan - keadaan solusi lain tapi tetap saja dilakukan, maka itu tetap.

Misalnya KPR, mobil, motor itu kan semua kalau menggunakan bank ribawi berarti yang jelas akadnya riba. Maka dia masih punya misal minimal solusinya ada perbankkan syariah, misal minimal atau dia sabar. Dia nggak usah buru - buru gitu. Nah kalau memang dasarnya adalah haram untuk menggunakan uang pinjaman dari bank konvensional karena jelas mereka menggunakan akad hutang piutang.

Hutang, saya hutangkan kamu 10 juta kamu bayar 12 juta dicicil 24 bulan, tetap utang namanya. Itu yang riba, itu riba jelas2, 'ainurriba di situ. Jadi nggak boleh, jelas nggak benar. Nabi SAW mengatakan, Allah suci bersih tidak terima kecuali yang suci dan bersih. Kata ulama hadis, adalah termasuk dana yang dipakai. Jadi ibadah tidak akan diterima kalau menggunakan pendapatan yang haram. Diantaranya uang hasil korupai dipakai untuk umroh atau haji.

2 comments:

  1. Mens Titanium Watches – A Guide to Watches and Accessories - The
    Find out how to westcott titanium scissors find genuine watches for men and women from titanium build our best guide. fallout 76 black titanium We also titanium teeth dog cover the latest innovations and offers of titanium white dominus Watches and Accessories.

    ReplyDelete

Hukum Pinjam Uang dibank Buat Naik Haji

Hukum Pinjam Uang dibank Buat Naik Haji - Ustadz Abdul Somad Lc MA Tanya Ustadz, bagaimana hukum meminjam uang di bank untuk b...