Monday, February 11, 2019

Umroh dan Haji Sebagai Penambah Rejeki - Ustadz Khalid Basalamah





Waktu saya lagi umroh, temen2 sekalian dan kalau memang ada temen2 yang pas mau ikut ibadah umroh yang saya bimbing nanti bisa ditanyakan kepada saya atau kepada temen2 mana aja saya akan informasikan. Karena di bulan Januari nanti saya ada bimbing Umroh, Februari ada, Maret ada, april tapi tentu Travelnya berbeda2 ya, saya tidak fokus satu travel. Jadi saya memang pindah ke beberapa travel yang kira2 bisa menjalankan program yang saya inginkan. Karena nanti di sana kalau saya bimbing harus setiap hari ikut taklim. Itu syaratnya, jadi supaya mereka pulang bisa bawa ilmu.

Ringkas saja teman2, Umroh dan haji ini kalau kita kerjakan maka akan sangat membantu untuk mendatangkan rizki. Ada seorang jamaah pernah umroh dengan saya, dari Irian kebetulan saya pernah dakwah sampai ke Irian Alhamdulillah. Kemudian dia denger saya mau Umroh dia datang sekeluarga ikut. Mungkin kisah ini sekitar 5 tahun yang lalu, Umroh bintang lima sekitar 35 juta rupiah waktu itu.

Dia tinggal satu kamar sama saya, saya tanya, 'Pak, bayar berapa umrohnya? 32 juta ustad. 'Mahal nggak pak? Ya sedanglah, 'karena beliau memang orang mampu. Terus saya bilang, 'Pak mau nggak kita hitung2 uang yang 32 juta yang bapak keluarkan, anggap 35juta itu dengan pahaka yang bapak dapatkan. Dia bilang, 'memang bisa ya ustad?', 'Saya bilang, yang ada dalilnya saja'. Baik, bagaimana rasionalnya? ' Baik kita hitung, kebetulan waktu itu lagi ada di Mekkah pulang dari sholat dhuhur nunggu waktu Ashar. 'Saya bilang, bapak sudah tahu belum, ada hadis Nabi SAW yang berbunyi, "Sholat di Masjid Haram Mekkah smaa dengan seratus ribu kali dibandingkan tempat lain, seratus ribu kali. 'Saya bilang, kalau kita ambil sholat wajib bapak, Sholat wajib satu hari lima kali dan ini satu hari satu kali, sholat subuh cuma sekali, sholat dhuhur cuma sekali, sholat ashar cuma sekali, semua cuma sekali.

Berarti kalau kita hitung seratus ribu kali sama dengan seratus ribu hari. Kalau kita hitung2 rasionalnya, seratus ribu hari, seratus ribu dibagi jumlah hari setahun 365, akan keluar angka kurang lebih kalau saya tidak salah 274 tahun. Berarti satu kali sholat di Masjid Haram Mekah sama dengan 275 tahun sholat di Indonesia. Itu kalau sholat sendiri, kalau sholat berjamaah! hadis Nabi SAW berbunyi "Sholat seseorang diantara kalian, di rumahnya, di pasarnya dibandingkan sholat di Masjid maka pahala perbandingannya adalah 25 kali lipat. Kalau 25 kali lipat Temen2 sekalian, 274 tahun dikali 25, itu kurang lebih keluar angka 6500 tahun. 6500 tahun itu bukan waktu yang sedikit. Belum hadis Nabi SAW yang berbunyi, "Sholat sendiri dibandingkan dengan sholat berjamaah, perbandingannya 27 derajat. Kata Abdullah bin Abas ra, satu derajat ke derajat yang di atasnya itu jaraknya 500 tahun. Berarti sholat sendiri dengan sholat berjamaah itu bedanya 12rb tahun, gitu kan.

Luar biasa fadhilahnya, coba kalau kita sholat 6500 tahun dibagi 35 juta berapa nilainya tuh. Beluk sudah masuk include tiket pesawatnya, hotelnya, makannya, belum lagi kita dapat pahala2nya, belum pengalaman2nya kita bisa kunjungi wilayah uhud perangnya Nabi SAW, belum bisa mengunjungi kuburan Nabi SAW, mengunjungi kubutan Baq'i, kuburan para sahabat dan seterusnya. Banyak fadhilah, jadi banyak hal yang didapatkan. Baik, jadi haji dan Umroh salah satu faktor penambah rejeki

No comments:

Post a Comment

Hukum Pinjam Uang dibank Buat Naik Haji

Hukum Pinjam Uang dibank Buat Naik Haji - Ustadz Abdul Somad Lc MA Tanya Ustadz, bagaimana hukum meminjam uang di bank untuk b...