Friday, February 15, 2019

Hukum Umrah tanpa Mahram bagi Wanita



Hukum Umrah tanpa Mahram bagi Wanita - Ust. DR Syafiq Riza Basalamah MA


Di satu kajian diadakan semacam kompetisi dengan hadiah umroh, apa hukumnya umroh tanpa mahrom?

Kalau hadiah umroh jelas. Tanpa mahrom, hukumnya umroh tanpa mahrom? Kita tahu jangan bicara umroh tanpa mahrom, bukan umroh tanpa mahrom, safar tanpa mahrom, SAFAR TANPA MAHROM. Karena kalau bicara umroh tanpa mahrom, orang Mekah umroh tanpa mahrom karena dia di kotanya memang.

Safar, ada perempuan - perempuan yang masya Allah, dja kemana - mana tanpa mahrom. Dia berangkat ke Surabaya, ke tempat suaminya tanpa mahrom, pas mau umroh dia tanya, 'ustadz apa hukumnya umroh tanpa mahrom?' ente ke Surabaya tanpa mahrom, ke sana tanpa mahrom, safar. Kenapa kau tanyakan umroh tanpa mahrom, masalahnya bukan di umrohnya, tapi disafarnya.

Kalau biasa kemana-mana tanpa mahrom ya kau nggak perlu tanya umroh tanpa mahrom, orang kau biasa memang safar tanpa mahrom. Dan itu berdosa, safar tanpa mahrom bukan umroh tanpa mahrom. Ingat harus jelas, yang tidak boleh itu bukan umroh tanpa mahrom tapi safar tanpa mahrom.

Kemanapun, mau ke Mekah, mau ke Amerika ente, yang namanya safar tanpa mahrom itu dilarang. Kalau dia umpamanya safar melaksanakan umroh tanpa mahrom, sah umrohnya, umrohnya sah. Tidak dikatakan tidak sah umrohnya, karena permasalahannya bukan dengan umrohnya, permasalahannya dengan safarnya. Maka tolong diperhatikan.

No comments:

Post a Comment

Hukum Pinjam Uang dibank Buat Naik Haji

Hukum Pinjam Uang dibank Buat Naik Haji - Ustadz Abdul Somad Lc MA Tanya Ustadz, bagaimana hukum meminjam uang di bank untuk b...