Friday, February 8, 2019

Bolehkah haji Lebih dari satu kali - Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, MA






Haji, ada pintu haji jamaah. Ada sahabat2 Nabi yang umroh dan hajinya sampai 60 kali. Terkadang orang berpikir, ustad katanya nggak boleh haji berkali2, bid'ah itu? Rossul SAW haji cuman sekali, betul jamaah? Nabi berapa kali haji? Satu kali Subhanallah, kenapa beliau sekali berhaji? Karena setelah berhaji meninggal beliau SAW. Beliau hajinya itu pada tahun kesepuluh hijriyah, beberapa bulan setelah haji beliau SAW wafat. Tapi beliau mengatakan "‘Tabi’u bainal-hajji wal umrati, fainnahahuma yanfiyanil-faqra waz-zunuba kama yanfil-kiru khabathal-hadidi waz-zahabi wal-fiddati wa-laisa lilhajjil-mabruri thawabun dunal-jannati.’ Artinya: Ikutilah antara haji dan umrah maka sesungguhnya kedua-duanya boleh menghilangkan kefakiran dan dosa-dosa."Kalian ikuti haji dengan Umroh, Umroh dengan haji, Sesungguhnya haji dan Umroh itu bisa membersihkan kekufuran dan kefakifan, ingat kekufuran dan kefakiran.

Orang kalau berangkat haji inget sama Allah, berangkat lagi ke sana itu perintah Allah. Apakah dalam bayangan antum haji itu gampang? Berat jamaah, kalau antum berangkat ke puncak, nikmat,, duduk2, minum teh. Haji itu kata seorang latihan perang dan memang latihan perang. Ketika Aisyah Ra bertanya kepada Rasull SAW, "Ya Rasulullah..kita melihat hihda ini adalah amal yang paling mulia, apakah kita ini wanita2 nggak berangkat perang juga? Apa kata Rasulullah SAW, "Bagi mereka (wanita) jihad yang tidak ada peperangan di dalamnya, yaitu haji dan umrah” (HR. Ibnu Majah, 2910).

Haji jamaah, jadi haji itu memerlukan pengorbanan dan perjuangan. Maka orang yang berungkali betangkat haji, dia yakin. Tapi ustadz, apa tidak memberikan kepada orang lain, ya daftar orang semuanya daftar. Beda dengan serobot sana serobot sini, sikut sana sikut sini, kepingin haji tiap tahun dia melakukan tindakan2 yang berdoaa beda tuh, ada itungannya. Karena ada orang yang berhaji berkali-kali untuk dipuji orang. Dia berhaji masya allah dan kalau nggak dipanggil pak haji sakit hati, ada orang seperti itu. Hajinya itu untuk masuk surga bukan untuk dapat peci putih. Dulu yang belum haji nggak boleh pakai peci putih. Ingat yang bisa haji berkali-kali dia menghapuskan kekufuran dan kefakiran. Saya pernah mewawancarai seorang jamaah haji yang haji 3 kali, tua renta sudah 60 lebih umurnya.

Saya ngobrol, bapak berapa kali haji? (dulu kita biasa wawancara buat radio rekaman) Di masjid nabawi kita tanya, kalau nggak salah dia orang kediri apa orang madiun. Bapak udah berapa kali haji? Kata dia, 'sudah 3x ustadz'. Saya tanya, -tiga2nya plus pak?' 'Iya'. Haji plus sekarang berapa jamaah bayarnya? 120, masya allah, 8500 dollar. Dia tiga kali, saya ngomong 'bapak kok bisa berangkat tiga kali?' gini ceritanya ustadz, dia cerita 'saya punya rizki, saya daftar haji (udah tua dia berangkat haji). Setelah pulang haji syaa ngomong, 'Ya Allah kalau kalau kau berikan rizki kepadaku, aku nggak akan berangkat haji lagi, aku akan bangun masjid di kampung. Masya Allah dia dapat rizki lagi dia bangun masjid, ternyata ustad habis bangun masjid dapat rizki lagi dari Allah SWT, saya daftar lagi, nggak takut miskin jamaah. Kalau kita mah berpikir, ini mah diputer ustad, bisa beli herbal satu karung.

Orang kan mikirnya dunia . Kemudian ketika haji kedua itu saya berjanji lagi 'Ya Allah kalau Engkau berikan lagi rizki kepadaku aku enggak akan berangkat haji, tapi aku akan aspal jalan di kampungku. Subhanallah, saya dapat rizki lagi ustad, saya aspal jalan di kampung, selesai aspal jalan duit saya nggak habis, Subhanallah jemaah. Orang nggak takut miskin, Allah itu tinggal kunfayakun, Waman Yattaqillaha Yaj’allahu Makhrajan Wa Yarzuqhu Min Haithu La Yahtasib. Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah (dengan mengerjakan suruhanNya dan meninggalkan laranganNya), nescaya Allah akan mengadakan baginya jalan keluar (dari segala perkara yang menyusahkannya), dan Allah akan kasih rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka.

Dia ngomong 'ya inilah saya berangkat yang ketiga kali. Para jamaah, di syurga itu ada pintu haji insya allah, maka yang punya rizki sekarang kalau daftar tahun ini berangkat kapan jamaah? Yang bilang sepuluh tahun berarti nggak tahu, di Jember itu sudah 20 tahun. Jadi kalau daftar haji umurnya 60 tahun, dia baru bisa berangkat umur 80, Subhanallah. Dan di Singapura kata temen hampir 30 tahun karena tiap tahun hanya seribu orang yang berangkat, kalau saya nggak salah. Jadi cuma seribu orang, orangrebutan di sana daftar karena cuma seribu orang tiap tahunnya. Maka Subhanallah, antum nih yang punya rizki lebih Bismillah daftar aja, Bismilah daftar mungkin ini nih pintu ana masuk surga nih.

No comments:

Post a Comment

Hukum Pinjam Uang dibank Buat Naik Haji

Hukum Pinjam Uang dibank Buat Naik Haji - Ustadz Abdul Somad Lc MA Tanya Ustadz, bagaimana hukum meminjam uang di bank untuk b...