Monday, February 18, 2019

Asal Usul Gelar Haji


Asal Usul Gelar Haji - Ust. Adi hidayat

Tanya;

Ustad Adi kenapa tidak pakai gelar haji?

Jawab:

Untuk apa? Toyib, Haji Muhammad SAW, Haji Abu Bakar, Masya Allah, Haji Umar bin Khattab, pernah denger? Haji Usman bin Affan Ra, pernah dengar? Bapak ibu sekalian, mohon izin, ibadah itu tidak melahirkan gelar, ibadah tidak melahirkan gelar seperti halnya gelar-gelar dunia, ibadah itu tidak. Yang paling dikejar dalam ibadah adalah predikat taqwa karena itu tujuan setiap ibadah itu puncaknya taqwa.

Sholat tujuannya taqwa, QS. 2, ayat 2-3, "Dzaalikal kitaabu laa raiba fiihi hudal(n) lilmuttaqiin, Siapa Mutaqiin ini? Ayat tiganya, "Al  ladziina yu`minuuna bilghaibi wa yuqiimuunash shalaata". Kemudian puasa untuk bertaqwa, Al Baqarah 183, "Yaa ayyuhaal-ladziina aamanuu kutiba 'alaikumush-shiyaamu kamaa kutiba 'alaal-ladziina min qablikum la'allakum tattaquun(a). Haji untuk taqwa, QS. 2, ayat 197, "Wa tazawwaduu fa-inna khairazzaadittaqwa,,,"Berbekallah saat akan haji, bekal terbaik itu taqwa".

Jadi bukan mencari gelarnya, karena ibadah itu tidak melahirkan gelarrrr.... Kalau ibadah melahirkan gelar Masya Allah, ada Bapak Asep pernah sholat, pernah zakat, pernah umroh, pernah haji. Apa gelarnya? SZUH, Masya Allah. Bapak Asep SH, Bapak sarjana hukum? Bukan pak! SH nya apa? Solat dan haji! Huehahe... Masya Allah ya!. Bapak Dodi ZI, Z apa pak, kuliah di mana? Zakat dan Infak!. Masya Allah, itu luar biasa, jadi nggak perlu. Kalimat-kalimat haji yang melekay kepada nama itu asal mulanya adalah ungkapan2 orang Arab, 'hajjan mabruron, wa sa'ian... Semoga hajinya mabrur, sa'inya mendapatkan penerimaan dari Allah, dosanya terampuni, perniagannya juga tidak sia-sia.

Maka ketika orang itu kembali ke tempatnya masing-masing atau setelah haji, maka orang memanggil begini, 'yalhajj-yalhajj, maksudnya untuk kalimat pengingat, 'ya pak haji-pak haji Antum nih sudah haji, jangan sampai perjuangan dalam haji dilunturkan kembali oleh keburukan - keburukan yang menghilang pahala haji. Karena haji itu kalau benar ditunaikan haji mabrur, pahalanya Masya Allah tidak ada yang sebanding kecuali surga. "Al-hajjul-mabruuru laisa lahu jazaa’un illal-jannah”, “Haji yang mabrur tidak balasan baginya kecuali surga” (HR. Bukhari dan Muslim).

Makanya ketika ada orang selesai haji misal, dia masuk ke imigrasi sudah marah-marah, 'mana koper saya ini'? Orang Arab akan mengatakan, 'yalhajj, Pak, Bapak ini sudah haji, jangan sampai keluar kalimat2 yang kotor lagi, karena kalau keluar kalimat yang demikian kasihan, sayang Pak, capek2 haji, sudah dapatkan jaminan surga, tiba-tiba mohon maaf ditanya hilang kembali karena kotoran yang keluar dari lisannya itu.

Jadi asalnya kalimat-kalimat haji itu, kalimat untuk mengingatkan kita bahwa kita sudah menunaikan ibadah besar, ada surga dihadapan kita jangan dikotori lagi dengan amalan maksiat. Jadi kalimat pengingat bukan kebanggaan. Nanti kalau saya disebut misalnya saya pergi ke timur tengah, yalhajj itu saya langsung merenung, yalhaj! hajji! hajji! hajji! ya. Coba silahkan cek, kalau Antum dipanggil hajji! hajji! hajji! biasanya untuk meluruskan kan? Silahkan cek waktu Antum ngaji, sedang berdiri misal disuruh duduk, hajji! hajji! hajji! duduk gitu kan? Hajji hajji hajji belok sini! belok sini! Antum mau pindah, hajji! hajji! hajji! Jangan kesana, kesini! kesini! kesini!. Itu memberikan isyarat-isyarat kebaikan bukan ingin mengangkat gelar antum, bukan.

Jadi nggak usah terlalu repot juga, ketika Antum pulang misalnya kan, belum dipanggil haji Antum perasaan nggak enak, itu kan. Itu menunjukkan bahwa hajinya ada yang belum maksimal. Pak Asep! Lurus saja. Haji Asep! Ohya... Masya Allah, nahitu yang bermasalah. Toyib. Jadi kalau Antum disebut haji segera Antum istighfar, coba ingat-ingat mungkin itu peringatan dari Allah bahwa Antum sudah pernah ibadah mungkin agak banyak kekurangan-kekurangan atau masih mengerjakan maksiat.

Pak Haji Adi,  astagfirullah, saya memang pernah haji jangan2 selama ini masih banyak maksiat, maka istighfarlah kepada Allah, Ya Allah! Ya Allah! Ya Allah! mohon terima haji saya Ya Allah, itu yang digunakan! itu yang digunakan. Toyib

No comments:

Post a Comment

Hukum Pinjam Uang dibank Buat Naik Haji

Hukum Pinjam Uang dibank Buat Naik Haji - Ustadz Abdul Somad Lc MA Tanya Ustadz, bagaimana hukum meminjam uang di bank untuk b...