Monday, February 18, 2019

Persiapan Ibadah Haji & Umrah Sesuai Sunnah


Persiapan Ibadah Haji & Umrah Sesuai Sunnah - Ustadz Adi Hidayat

Karena itu pastikan kita jaga keimanan kita bahkan sampai kembali kepada Allah SWT. Nah semua aktivitas yang didorong oleh iman itu nanti akan mewujudkan satu pekerjaan satu aktivitas yang disebut amal soleh. Kalau cuma amal itu pekerjaan saja ya, ini minum pekerjaan. Jangankan Anda yang tidak berimanpun minum, tapi mesti ada beda antara orang beriman yang minum dengan orang yang belum beriman yang minum. Bahkan di gelas yang sama dan volum air yang sama, beda akan lain orang2 aktivitas dengan iman dengan yang tanpa iman.

Paling minimal orang beriman itu ketika akan mengerjakan aktivitas dia akan merenungkan apakah aktivitas ini disukai oleh Allah SWT atau tidak kemudian dia niatkan semua pekerjaannya karena Allah SWT. Maka disebutkanlah, berdirinya karena Allah, duduknya mengingat Allah bahkan berbaringnyapun mengingat Allah, ini yang dimaksud"الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللهَ قِيَاماً وَقُعُوداً وَعَلَى جُنُوبِهِمْ"

Karena itu pastikan Anda minum, cari minuman yang disukai oleh Allah SWT, Anda makan biarkan untuk menghadirkan energi untuk menyembah Allah SWT. Demikian bekerja, karena itu orang-orang yang bekerja karena Allah tidak mungkin mencari pekerjaan yang tidak mungkin mencari pekerjaan yang tidak disukai oleh Allah SWT. Karena itu taklimpun itu tidak luput dari dasar iman, tidak sedikit orang ikut taklim tapi karena tidak ada nilai iman dalam dirinya maka hasil taklim nya tidak memberikan manfaat dalam dirinya yang tidak membuat dia dekat dengan Allah SWT. Karena itu ayat taklim ketika diturunkan oleh Allah SWT itu terkait erat dengan iman, QS. 58 ayat 11. Itu ayat tentang majelis ilmu dan diakhiri dengan kalimat yang indah.

Cirinya dua orang yang berhasil masuk ke majelis ilmu dengan ilmu yang benar, "yarfa'illahul-ladziina aamanuu minkum,jadi yang pertama naik imannya dulu. Maka saya sering katakan pada Anda sekalian, kalau Anda belajar dengan kami di sini tapi tidak menguatkan keimanan Anda sehingga tidak lebih dekat dengan Allah. Anda cari tempat majelis ilmu yang lain, cari guru yang lain yang membuat Anda semakin dekat dengan Allah SWT.

Jadi kalau Anda misalnya belajar mendapatkan peningkatan keimanan dari guru manapun ambil maka ilmunya dekatkan diri Anda pada Allah SWT. Kemudian "waal-ladziina uutuul 'ilma darajaatin", Setelah imannya menguat nah di situ berbanding dengan peningkatan pengetahuannya. Di sholatnya dengan dasar ilmu, berasalnya dengan dasar ilmu dan tutunan - turunan yang lainnya.

Karena itulah hari ini kita akan coba menstimulasikan apa yang telah kita bahas dalam setiap pertemuan dimalam jumat terkait khusus dengan ibadah yang sangat tinggi nilainya diisi Allah SWT, yaitu ibadah haji dan umroh yang dibandingkan dengannya. Untuk itu kita bermohon kepada Allah SWT, semoga kita diikhlaskan untuk kajian hari ini, kemudian pembelajarannya kita bisa mendekatkan diri kita dengan Allah SWT. Ilmunya bertambah sehingga kapanpun antum, saya, kita berangkat menunaikan haji maka haji yang dimaksudkan membuat kita semakin dekat dengan Allah dan setiap amalan diisi dengan dasar pengetahuan yang memudahkan kita dalam menunaikannya.....

Silahkan disimak selanjutnya

No comments:

Post a Comment

Hukum Pinjam Uang dibank Buat Naik Haji

Hukum Pinjam Uang dibank Buat Naik Haji - Ustadz Abdul Somad Lc MA Tanya Ustadz, bagaimana hukum meminjam uang di bank untuk b...