Monday, February 18, 2019

Wajibnya Umrah Bagi yang Mampu




Wajibnya Umrah Bagi yang Mampu - Ustadz Erwandi Tarmizi, Lc, MA

Saya sampaikan kepada Anda bahwa sesungguhnya ... hukum umroh wajib sekali seumur hidup bagi yang mampu!.".....,menjadi kewajiban bagi manusia dan hutang dia kepada Allah untuk dia melakukan perjalanan haji jika dia mampu, Dan perjalanan haji sekalian dia laksanakan kewajiban umroh. Kalau tidak dapat kuota haji, karena sekarang antriannya berapa tahun? 15, 20, 25.

Tau nggak penyebab dari antrian ini? Talangan, betul dana talangan haji. Dana talangannya pakai sistem riba, sebagamana riba telah menghambat jalan, jalanan umum. Karena tahu Anda penyebab macet Jakarta tuh apa? Riba! Karena banyak mobil dengan lising. Kalau semua orang beli mobil dengan tanpa riba, macet nggak kira2 Jakarta? Mungkin tidak!. Dan yang lebih luar biasa lagi, kemacetan itu bukan hanya pada jalan mobil, tapi pada darah manusia pun iya.

Saya nukil pendapat penelitian dari seorang dokter, dokter yang profesor di Mesir. Dia menggambarkan hubungan riba dengan penyakit jantung, penyakit jantung itukan terhambat jalan darahnya, sebagaimana jalan darah manusia terhambat oleh riba. Jalanan manusia juga terhambat oleh riba karena banyaknya mobil dengan beli dengan cara riba. Kendaraan motor juga dengan cara riba, faham Anda itu?. Maka berangkat haji dan umroh dengan menggunakan riba akan menghambat juga, tahu Anda? antrian panjang untuk haji bisa sampai 15 tahun!.

Untuk Bekasi berapa tahun? Mana tadi tukang haji umrohnya mana ini? Hei tukang haji umroh mana? Travel haji mana?. Untuk Bekasi berapa tahun antrean? Anda bayar cash sekarang, nggak bisa sekarang berangkat haji! Nggak bisa!. Nunggu berapa tahun? 13 tahun!. Jangan bilang saya kaya mau.. Mau haji sekarang, nggak bisa! Ngantri dulu 13 tahun. Kecuali Anda bayar 4x lipat dengan menggunakan travel, tapi harganya kalau yang biasa harganya 35 juta kan ya! Dia sampai 150 juta, itu yang bisa berangkat 2 tahun, langsung pun nggak bisa!.

Tapi saya Alhamdulillah, haji udah berapa kali ya, 9x saya haji, tanpa riba!. Karena haji saya pertama karena hadiah peringkat 5 besar di LIPIA, itu satu. Haji yang kedua, karena saya sudah di situ kuliah di situ kok. Itu, hampir tiap tahun saya haji, umroh bisa dua kali setahun. Tinggal saya bawa mobil, karena mobil di sana murah Masya Allah, murah ya tuh mobil. Saya beli mobil sedan umur pakai 10 tahun itu harga paling 10 rb real. Ada 10 rupiah nak? Ada bawa uang 10 rupiah? belilah mobil ke sana.

Toyih, di negara Indonesia mahal tuh mobil. Mau saya bawa kemari nggak mungkin karena kena pajak 200x lipat, 200 persen, ngapain 200 persen! Mending saya nggak punya mobil di Indonesia daripada 200 persen pajaknya. Jadi bikin mahal mobil di Indonesia pajaknya itu. Dan di Saudi tidak ada pajak karena Allah mengharamkan pajak. Toyib. Maka umroh wajib bagi yang mampu, minimal biaya umroh sekarang berapa? Apa ukuran mampu itu? Minimal umroh berapa? Pak umroh berapa? Berapa juta? 23 Masya Allah, gede berarti ya!. 23 udah semuanya tuh tinggal duduk, pergi pulang sampai rumah lagi, tanpa bayar satu sen juga? Gede ini ya.

Saya dulu cuman bayar, kalau naik bis 120real kali 3500 berapa waktu itu, 500rb ya, karena jarak tempunya dekat. Cuman 900 kilo Riyadh - Mekah itu, Alhamdulillah. Maka bila Anda punya uang simpanan 23 juta atau 1700 dolar maka wajib bagi Anda untuk melaksanakan kewajiban umroh. Sekali seumur hidup, wajib ini akhi!. Paham... Ada tabungan, bayarkan tabungan..
7.5t

No comments:

Post a Comment

Hukum Pinjam Uang dibank Buat Naik Haji

Hukum Pinjam Uang dibank Buat Naik Haji - Ustadz Abdul Somad Lc MA Tanya Ustadz, bagaimana hukum meminjam uang di bank untuk b...