Sunday, November 25, 2018

Supaya Ibadah Haji Kita Diterima Allah




Aa Gym Supaya Ibadah Haji Kita Diterima Allah


Alhamdulillahilladzi anzala sakinata fi qulubil mu'minin liyazdadu imanam ma'a imanihim. (Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang
mukmin untuk menembah keimanan atas keimanan mereka (yang telah ada).) “Allahumma shalli wa sallim ‘ala Rasulillah Muhammad wa ‘ala alihi wa ashabihi ajma’in.”

Mari kita mencoba untuk malafalkan talbiyah agar lebih hapal lebih menjiwai, ....

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ لَبَّيْكَ لاَ شَرِيكَ لَكَ لَبَّيْكَ إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيكَ لَكَ

“Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika lak (Aku penuhi panggilan-Mu, ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan kerajaan bagi-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu).”

Haji, ada haji yang diterima, ada haji yang sah dan ada haji yang diterima. Kalau sah, ada yang rukun, wajib, sunnahnya dipenuhi sudah sah tapi diterima atau tidak, beda lagi. Jadi kita selain sah juga diterima oleh Allah mabrur. Karena bagian saya ini bagian kebersihan hati maka melanjutkan pelajaran kemarin dalam manasik ini diantara pengakit hati yang harus diwaspadai, baik sebelum haji, selama haji dan sesudah haji yang berangkat haji yang belum berangkat haji.

Penyakit jamaah haji juga yang belum haji dan sesudah haji diantara namanya supaya gampang disebut penyakitnya 'TENGIL'. T --> takabur, E --> egois, N --> norak, G --> galak, I --> iri, L --> licik. Ini dipas-pasin aja supaya jadi 'TENGIL', supaya gampang dihapal.

Takabur, “Laa yadkhulul jannata man kaan fii qolbihi mitsqoola dzarrotin min kibrin. 'tidak akan masuk surga orang yang didalam hatinya ada sebiji dari sifat sombong
(HR.Muslim)”.

Jadi syirik, munafik, takabur itu fatal-fatalpak. Iblis itu lebih taat kepada Allah sebelum ada Nabi Adam. Tapi ketika Allah menciptakan Nabi Adam iblis tidak terima karena merasa lebih baik jadinya dengki. Jadi pasangan dari sombong tuh biasanya ujub dan dengki. Ujub itu merasa diri beda dengan yang lain, kalau ada orang lain merendahkan jadi sombong, lihat orang lain lebih jadi iri. Penyakit ini. Apa cirinya seorang sombong itu dua ,orang sombong itu mendustakan kebenaran dan menganggap remeh orang lain.

Maka para haji, calon jamaah haji jangan sombong, liat orang afrika ih item-item. Padahal dengan kita beda beberapa derajat kehitaman, kita dijemur juga jadi sama hitam. Tapi intinya tidak boleh menghina kulit, karena kulit itu perbuatan Allah. Tuh orang yang gendut-gendut padahal buat mereka liliput kecil-kecil. Jangan suka menilai orang, apalagi ada yang mengatakan begini di imigrasi lama, ehh dasar Arab, Nabi Muhammad Arab ya. Tidak boleh keluar kata-kata merendahkan siapapun, merendahkan suku bangsa, merendahkan warna kulit, merendahkan bentuk tubuh, merendahkan status sosial, karena di dalam islam yang mulia itu, "Inna akromakum indallohi atqokum, Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yg paling takwa diantara kamu"

Nih pakai ihram begini sama oleh Allah, benar? Tidak bisa pakai pangkat atuh dah pakai ihram, Karena beliau profesor pakai toga di atas tidak bisa.

Maka supaya kita tidak jadi sombong hajinya;

Satu harus rindu kebenaran, kalau ada jam belajar rindu belajar karena tanpa ilmu ibadah juga berantakan. Semua amal itu syaratnya ilmu, amal tanpa ilmu nggak benar baik niat maupun amalnya. Orang yang tidak suka datang ke majelis taklim mendengar ilmu, menbaca ilmu ini salah satu gejala kesombongan, padahal kita itu sangat memerlukan kebenaran. Makanya nanti selama haji kan kita mesanyren ya, akan diberikan sertifikat pak, sertifikat kelulusna pesantren sal belajar. Karena bapak pulang-pulang bapak nanti diminta khotbah, mimpin doa, minimal 3 doa, doa makan, mau tidur. Bawa buku ikuti program nanti, banyak ustadz-ustadz yang hadir, bergiliran. Pokoknya kalau ingin hajinya mabrur kuncinya ilmu. Orang yang nggak mau belajar selama haji ciri-ciri kesombongan kita, kita nih bodo harus kita akui.
8.14

.....

No comments:

Post a Comment

Hukum Pinjam Uang dibank Buat Naik Haji

Hukum Pinjam Uang dibank Buat Naik Haji - Ustadz Abdul Somad Lc MA Tanya Ustadz, bagaimana hukum meminjam uang di bank untuk b...