Saturday, February 16, 2019

Hukum Haji & Umroh dengan Kredit



Hukum Haji & Umroh dengan Kredit  - Ustadz Syafiq Reza Basalamah


Tanya:
Assalamu'alaikum wa wb., Mohon maaf pak ustad mau bertanya, bagaimana pak ustad kalau kita umroh tetapi bayarnya kredit? Sah atau hukumnya bagaimana? Terimakasih, wassalamu'alaikum wr wb.

Jawab:
Masya Allah, bukan cuma motor ya, umroh pun kredit. Jamaah berkaitan dengan kewajiban haji dan umroh, Allah mengatakan, "Allah memberi kewajiban yang harus dilaksanakan oleh manusia untuk berziarah ke rumah Allah bagi yang mampu untuk berangkat ke sana. ....oleh para ulama ditafsirkan diantara makna...adalah bekal dan kendaraan, artinya kalau orang punya bekal dan kendaraan berangkat.

Yang kedua mengatakan, ....orang kalau mampu jalan kaki, jalan kaki ke rumah Allah berangkat. Mampu berangkat berarti dia wajib. Dan ketahuilah bahwa bikin rumah itu tidak wajib, punya mobil itu tidak wajib tapi berhaji dan umroh itu wajib. Kita kadang kala tuh nunggu tua baru berangkat haji, nantilah ustad kalau sudah tobat berangkat haji. Padahal sudah sepuh nggak kuat lagi di sana. Maka gimana sekarang kalau berangkat umroh dengan kredit, dengan hutang berarti dia nggak mampu untuk berangkat.

Bahwasanya boleh orang itu berangkat haji umroh dengan hutang kalau dia punya aset yang bisa untuk membayar hutangnya. Ada seseorang bilang kalau Anna mati umpamanya, Anna punya rumah bisa dijual untuk nutupin hutang. Tapi ada jaminan ahli waris mau bayarin hutang, kadangkala anaknya enggak bayarin utang orangtuanya. Akhirnya antum ruhnya tidak bisa masuk surga karena orang yang mati syahid itu diampuni dosanya kecuali hutang. Ini orang mati di Medan perang berjihad bener2 tapi gara2 hutang tertahan ...

Maka nasehat anna, jangan kredit macem2 mobil, rumah, motor, juga jangan kredit haji. Tapi nabung silahkan, artinya kalau nabung itu kan bismillah karena seadanya berangkat tahun berapa yang jelas Allah sudah tahu niat antum. Jadi orang yang mau berangkat tolong sudah daftar, jangan ngomong, antum niat haji? ' siapa, siapa muslim yang nggak niat. Sudah daftar? Belum. Kalau niat daftar, perkara nunggunya berapa tahun.

Sekarang daftar, antum sekarang umur 40 tahun berangkat umur 50 tahun. Bismillah, daftar sekarang sambil dicicil, keinginan untuk beli motor baru dipending, beli motor bekas. Karena nggak wajib punya motor, tapi berangkat haji WAJIB!. Barakallah fiikum.

No comments:

Post a Comment

Hukum Pinjam Uang dibank Buat Naik Haji

Hukum Pinjam Uang dibank Buat Naik Haji - Ustadz Abdul Somad Lc MA Tanya Ustadz, bagaimana hukum meminjam uang di bank untuk b...